Lagu Untuk Intervensi Perubahan Perilaku

Lagu Untuk Intervensi Perubahan Perilaku

Di kelompok warga lebih berbudaya lisan (bukan tulisan), lagu merupakan salah satu cara intervensi perubahan perilaku. Lagu di sini maksudnya bukan lagu yang dinyanyikan penyanyi elit atau sang komunikator sendiri tapi justru lagu yang dinyanyikan bersama oleh warga.

Ada sejumlah metode yang memungkinkan lagu menjadi cara menyampaikan pesan-pesan kesehatan pada warga, membuat mereka hafal, dan bahkan menerimanya. Di antaranya adalah dengan repitisi menyanyi minimal 6 kali, bergerak mengikuti lagu, bahas bersama lalu kunci komitmen.

Untuk itu, ada sejumah syarat pada lagu. Di antaranya adalah dapat dinyanyikan warga dengan sekali contoh karena iramanya familiar, pesan kunci yang eksplisit dan sederhana, serta bisa menginspirasi gerak.

Dalam praktik melatih besok (10/8/23), partisipan pelatihan KAP akan mengenalkan lagu sebagai salah satu cara edukasi pada para kader di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Ada 3-4 lagu yang disiapkan dalam paket teknik-teknik lain termasuk permainan-permainan. Moga-moga lancar.

Artikel Terkait