RCCE - Risk Communication & Comuninity Engagement

[SALAH] Minuman Penambah Imun untuk Cegah Penularan Virus COVID-19

Rab, 21 Jul 2021 - 23:05

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari situs resmi WHO, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin, menggunakan masker, menjauhi kerumunan dan menjaga jarak.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau kategori yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Instagram: https://bit.ly/3ziWi9Y
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/07/SALAH-Minuman-Penambah-Imun-untuk-Cegah-Penularan-Virus-COVID-19.pdf (link arsip)

= = = =

NARASI:

“Minuman penambah imun berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri, jamur, dan virus termasuk virus corona.

Minuman penambah daya tahan tubuh ini terbuat dari bahan alami seperti buah-buahan dan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat.

Dengan mengonsumsi minuman penambah imunitas secara rutin, maka tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit COVID-19.”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi oleh akun Instagram catatan.sidokter yang mengatakan bahwa terdapat jenis-jenis minuman herbal yang dapat digunakan untuk mencegah penularan Covid-19. Minuman-minuman tersebut adalah jus jeruk, kunyit asam, teh hijau, air kelapa muda dan wedang jahe. Minuman-minuman tersebut diklaim dapat meningkatkan imun yang dapat mencegah penularan Covid-19.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir melalui situs resmi WHO, hingga saat ini belum ada suplemen dan teh herbal yang membuktikan dapat digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan dari Covid-19. WHO mengatakan bahwa cara untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, menjaga jarak minimal satu meter, berdiam diri di rumah jika merasa sakit, menggunakan masker, menghindari untuk menyentuh wajah, serta membatasi konsumsi rokok atau kegiatan apapun yang dapat membuat fungsi paru-paru menurun.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram catatan.sidokter tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_2
  2. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-food-safety-and-nutrition

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Minuman Penambah Imun untuk Cegah Penularan Virus COVID-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Berita Lainnya