RCCE - Risk Communication & Comuninity Engagement

Jurus baru melawan nyamuk demam berdarah

Sen, 20 Nov 2023 - 11:42


Category : Apa yang Harus Kamu Ketahui?,
Edukasi,
Forum Belajar KAP,

Saat ini ada cara baru untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Cara baru ini sangat unik.

Kalau sebelumnya masyarakat melakukan 4m (Menguras, Menutup, Mengubur, Memantau), sekarang kita punya cara baru yang ampuh dan dapat melengkapi. Nyamuknya diminta ikutan bantu-bantu.

Nyamuk baik yang lawan virus demam berdarah. Kalau sebelumnya kan kita sulit melawan nyamuk, susah nangkapnya. Pakai raket listrik juga susah. Jadi disiapkan nyamuk baik untuk bantu kita.

Nyamuk, yang biasanya jadi kendaraan virus penyebab manusia terkena demam berdarah, dilatih agar bisa melawan virus penyebab demam berdarah itu sendiri.

Selain bisa melawan virus demam berdarah, nyamuk-nyamuk ini juga dilatih untuk mengajarkan jurus tersebut ke teman-teman nyamuk lainnya.

Makin banyak nyamuk yang berlatih jurus ini, hasilnya makin banyak nyamuk yang mampu melawan virus penyebab demam berdarah.

Kalau semua nyamuk disekitar kita sudah mampu melawan virus demam berdarah, maka tidak ada lagi nyamuk-nyamuk yang rela jadi kendaraan virus demam berdarah ke manusia.

Hasilnya, keluarga kita tercegah tertular virus penyebab sakit demam berdarah yang berbahaya.

Nah, nama jurus yang dilatih ke nyamuk-nyamuk baik ini adalah "wolbachia”.

Butuh waktu lebih dari 10 tahun hingga terbukti jurus ini ampuh mencegah penyakit demam berdarah. Pembuktiannya dilakukan di Yogyakarta sejak tahun 2011.

Menurut info resmi Kemenkes tahun 2023, jurus ini akan mulai dilatih ke nyamuk-nyamuk yang ada di Kota Semarang, Kota Jakarta Barat, Kota Bandung, Kota Kupang dan Kota Bontang.

Tulisan ini merupakan hasil diskusi di Forum Kader Komunikatif dan Pokja RCCE

Berita Lainnya