RCCE - Risk Communication & Comuninity Engagement

Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Batch CTMAV547



Penulis : Sekretariat RCCE

Sel, 18 Mei 2021 - 14:50

Penggunaan vaksin AstraZeneca untuk COVID-19 tetap terus berjalan, hanya Batch CTMAV547 yang dihentikan sementara sambil menunggu hasil investigasi dan pengujian dari Badan POM yang kemungkinan memerlukan waktu satu hingga dua minggu.

Pengujian toksisitas dan sterilitas oleh Badan POM untuk Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 ini adalah bentuk upaya kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini. Badan POM pastikan Batch AstraZeneca lainnya aman digunakan sehingga masyarakat tidak perlu ragu.

Pemerintah selalu berkomitmen untuk menggunakan vaksin yang sudah terbukti keamanan dan kegunaannya dalam program vaksinasi nasional COVID-19.

Hingga saat ini, berdasarkan data Komnas KIPI belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Dalam beberapa kasus sebelumnya, meninggalnya orang yang statusnya telah divaksinasi COVID-19 adalah karena penyebab lain, bukan akibat dari vaksinasi yang diterimanya.

Sukseskan program vaksinasi COVID-19 dan tetap disiplin protokol kesehatan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/

#KPCPEN #SayangiIndonesia #JanganAbai | Lindungi Diri Lindungi Negeri

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG
  • Jumlah File: 3

Unduh Materi