RCCE - Risk Communication & Comuninity Engagement

[SALAH] Donald Trump Umumkan Roche Medical Company akan Meluncurkan Vaksin Covid19 Jutaan Dosis Minggu Depan

Kam, 19 Mar 2020 - 18:52

Hasil Periksa Fakta Riski Maulana (Anggota Komisariat MAFINDO BSI)

Tersebar videoklip pidato kepresidenan AS berdurasi 37 detik yang diklaim sebagai pengumuman Amerika sudah menemukan vaksin coronavirus, namun jika pidatonya didengarkan sebenarnya adalah kesiapan perusahaan roche untuk memasarkan paket uji coronavirus

Selengkapnya ada di bagian PENJELASAN

=====

Kategori: Koneksi yang Salah

=====

Sumber: Twitter dan Facebook

=====

NARASI :

Twitter:
“Corona Game Over? Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Covid19 next week dan jutaan dosis ready!”

Facebook:
“VAKSIN VIRUS CORONA:
Saat ini, Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin dari minggu depan, dan jutaan dosis sudah siap!

Permainan selesai
Now, direct announced that Roche Medical Company will launch the vaccine next Sunday, and millions of doses are ready from it !!!

-the end of the play”

=====

PENJELASAN:

Melalui Facebook dan Twitter tersebar sebuah potongan video dengan durasi 37 detik yang diikuti narasi Trump yang mengumumkan bahwa vaksin virus corona akan diluncurkan minggu depan oleh Roche Medical Company.

Setelah ditelusuri, potongan video yang beredar tersebut merupakan Konferensi Pers yang ditayangkan oleh stasiun TV Amerika NBC dengan durasi 1 jam 19 menit. Konferensi pers tersebut diunggah ke channel youtube resmi NBC News dengan judul “Trump Holds News Conference On Coronavirus Pandemic | NBC News (Live Stream Recording)” yang tayang pada tanggal 13 Maret 2020.

Pada bagian penjelasan tertulis “President Donald Trump holds a news conference on the coronavirus pandemic which is spreading across the United States. The president is expected to declare a national emergency.”

Yang jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia “Presiden Donald Trump mengadakan konferensi pers tentang pandemi coronavirus yang menyebar di seluruh Amerika Serikat. Presiden mengumumkan keadaan darurat nasional,”

Dalam konferensi persnya Trump tidak menyebutkan bahwa vaksin virus corona ditemukan oleh oleh Roche Medical Company dan akan diluncurkan minggu depan, adapun dalam potongan video terebut Trump mempersilahkan CEO Roche Diagnostics North America, Matt Sause untuk bicara, Saus megaku berterimakasih kepada Badan Pengawas dan Makanan atas persetujuan yang diberikan kepada Roche untuk melakukan tes uji coba terkait virus corona.

Dalam video aslinya Matt mengatakan – ‘‘Thank you, Mr. President. So, from Roche, we want to thank the FDA for their rapid approval of our coronavirus test. We really appreciate the partnership with the CDC and the FDA to get that to market as fast as possible because it’s critical for us to make that available to help patients in need, and working with laboratories to get it up and going in the near future, which will bring hundreds of thousands of tests available to patients in need in the United States. So, thank you”.
After Matt’s speech, the clip ends with Trump saying- “And you can do it. You can do it. A great company”

Yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Terima kasih, Tuan Presiden. Jadi, dari Roche, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada FDA atas persetujuan mereka yang cepat terhadap uji coronavirus kami. Kami sangat menghargai kemitraan dengan CDC dan FDA untuk memasarkannya secepat mungkin karena sangat penting bagi kami untuk membuat itu tersedia untuk membantu pasien yang membutuhkan, dan bekerja dengan laboratorium untuk membangunnya dan bergerak dalam waktu dekat, yang akan membawa ratusan ribu tes tersedia untuk pasien yang membutuhkan di Amerika Serikat. Jadi terima kasih. Setelah pidato Matt, klip berakhir dengan Trump berkata- ‘Dan Anda bisa melakukannya. Kamu bisa melakukannya. Perusahaan yang hebat ’’.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa narasi yang diikuti dengan potongan video yang tidak sesuai dengan pernyataan Presiden Trump dan Matt Saus yang beredar melalui Twitter dan Instagram termasuk ke dalam kategori Koneksi yang Salah. Informasi ini pun ikut dibantah oleh portal media asing

=====

REFERENSI:

https://twitter.com/mbah_mijan/status/1239847382008774657

https://archive.vn/41Dl0

https://archive.vn/Y8D7V

https://archive.vn/yJXQZ

http://archive.md/qHoPN

https://archive.vn/ojlJ3


https://www.indozone.id/news/n0slXr/cek-fakta-benarkah-donald-trump-umumkan-vaksin-virus-corona


https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4205015/cek-fakta-hoaks-trump-umumkan-jutaan-dosis-vaksin-corona-covid-19-siap-diluncurkan


https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-informasi-presiden-donald-trump-luncurkan-vaksin-virus-corona-tidak-benar.html


https://www.thequint.com/amp/story/news%2Fwebqoof%2Fdid-trump-announce-vaccine-for-coronavirus-covid-19-fake-news-fact-check/   


https://factly.in/trumps-announcement-is-about-fdas-approval-of-a-coronavirus-test-developed-by-roche-not-a-vaccine/


https://www.boomlive.in/fake-news/no-trump-did-not-announce-the-launch-of-a-coronavirus-vaccine-by-roche-7248/    


https://www.youtube.com/watch?v=q_WM_pMp0Hg&t=5

The post [SALAH] Donald Trump Umumkan Roche Medical Company akan Meluncurkan Vaksin Covid19 Jutaan Dosis Minggu Depan appeared first on TurnBackHoax.

Berita Lainnya