RCCE - Risk Communication & Comuninity Engagement

Inilah Kelompok Masyarakat Sasaran Prioritas Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua



Penulis : Sekretariat RCCE

Sen, 15 Feb 2021 - 20:05

Tahap pertama vaksinasi COVID-19 yang menyasar pada tenaga kesehatan menunjukkan hasil yang memuaskan. Cakupan sudah lebih dari 70 persen tercapai dan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius.

Vaksinasi COVID-19 tahap kedua akan segera dimulai dengan sasaran vaksinasi kepada Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik dan lain-lain, serta juga kelompok masyarakat lanjut usia (60 tahun ke atas).

Kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan tertular dan menularkan virus COVID-19. Ketika kelompok prioritas ini terlindungi lewat vaksinasi, maka Indonesia dapat menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit, serta membantu tenaga kesehatan.

Vaksinasi memiliki manfaat yang jauh lebih besar ketimbang risiko yang ditimbulkan. Namun perlu diingat bahwa meskipun telah divaksinasi harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin)

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/

#KPCPEN #SayangiIndonesia | Lindungi Diri Lindungi Negeri

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG
  • Jumlah File: 3

Unduh Materi